Penerapan Hukum Kekekalan Energi

setelah sekian lama mengeyam pendidikan, mempelajari hukum dasar tentang alam. hari ini baru sedikit kupahami tentang penerapan teori dan rumus fisika.
suatu hari saya membaca buku Madilog (materialisme Dialektika dan logika) Tan Malaka. buku ini membahas tentang hukum dan teori tentang alam serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan.
di dalam buku itu ada pokok bahasan yang sangat menarik untuk dipahami. Tan Malaka membahas tentang Hukum Kekalan Energi. Bahwa Energi di dunia hanya mengalami perubahan bentuk (transformasi dari bentuk satu ke bentuk lainnya). seorang Tan Malaka memberikan perumpamaan2 disekitar kehidupan kita, seperti : manusia menanam sayur setelah besar sayur dipetik dan dimakan manusia, energi dari sayur tersebut kemudian berpindah ke dalam tubuh manusia menghasilkan energi lain seperti Gerak, Daya untuk berpikir, dll...setelah itu manusia mengalami reproduksi ..membuang energi tersebut dan menghasilkan energi lain kepada lingkungan sekitarnya....begitu terus hingga menghasilkan suatu siklus transformasi energi.
contoh lain dari teknologi hasil dari hukum kekekalan energi sperti: diciptaannya suatu pembangkit listrik tenaga air. teknologi ini memanfaatkan gerak mekanis yang ditimbulkan oleh air akibat adanya beda potensial (perbedaan tinggi (air terjun)), kemudian menggerakkkan baling2 dari generator, generator berputar dan menghasilkan energi listrik. energi listrik yang dihasilkan dari generator kemudian dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan energi lain
Share on Google Plus

About dimensi_akal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment